Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Teks, dan Contohnya

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Teks, dan Contohnya
 
Halo sobat jagoansekolah, apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan penjelasan mengenai teks deskripsi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain pengertian, kami akan juga memberikan kalian struktur kebahasaan, ciri-ciri, dan contohnya secara lengkap. Jadi apa itu teks deskripsi? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks Deskripsi adalah jenis tulisan yang menjelaskan atau menggambarkan suatu hal, objek, atau keadaan secara jelas dan rinci. Teks deskripsi bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda. Dengan adanya teks deskripsi, pembaca bisa mengetahui apa yang dituangkan di dalam teks walaupun tidak melihat atau merasakan langsung apa yang diceritakan.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi
  • Teks deskripsi berisi tentang penjelasan dari suatu objek, misalnya manusia, hewan, benda, tempat, dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi menuliskan hal serinci mungkin.
  • Teks deskripsi membuat pembacanya merasakan hal yang ditulis dalam teks yang ditulis.
  • Teks deskripsi banyak mengandung kata sifat yang bertujuan untuk memberikan detail tambahan, misalnya tiga kelinci putih, seorang guru yang berbakti, kucing yang malas dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi biasanya mengandung bahasa metafora (kiasan). Misalnya, bening sebening air, perutmya besar sebesar buah melon, ibu galak seperti singa, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskripsi
  1. Judul
    Judul pada teks deskripsi sebaiknya dibuat menarik namun singkat. Judul dari sebuah karangan menggambarkan seluruh isi tulisan. Maka, membuat judul yang menarik dan relevan dengan isi tulisan dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca seluruh isi tulisan yang dibuat.
  2. Identifikasi
    Identifikasi adalah awal dari tulisan yang menggambarkan objek secara umum.
  3. Deskripsi
    Deskripsi adalah bagian inti dari tulisan yang menuliskan uraian dari objek yang dibahas secara khusus.
  4. Kesimpulan
    Yang terakhir adalah kesimpulan. Dalam bagian ini, penulis menuliskan kesan terhadap apa yang ditulisnya. Bagian ini termasuk opsional, boleh ditulis atau tidak.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Kucing Gendutku

Saya mempunyai seekor kucing di rumah. Saya memanggilnya Endut karena dia sangat gendut Dia kucing betina. Aku menemukannya di jalan sekitar setahun yang lalu ketika dia masih seekor anak kucing.

Sekarang Endut telah tumbuh menjadi kucing dewasa. Dia memiliki tubuh yang besar dan gemuk. Bulunya pada dasarnya putih dengan beberapa totol acak hitam dan coklat diseluruh tubuhnya. Matanya berwarna kuning dan sedikit gelap. Hidungnya dan kuping bagian dalam berwarna merah muda.

Endut suka hampir semua makanan yang aku berikan pada dia. Dia makan daging, ikan, tulang, ikan asin yang masih mentah atau matang, bahkan nasi juga. Saya memberikannya makan dua ataupun tiga kali tiap harinya. Dia jarang menangkap mangsa karena tubuh gemuknya. Aku suka mengelus-elus pipi tembem dan tubuhnya; rasanya empuk seperti bantal.

Endut kucing yang cukup aktif. Dia biasanya berjalan-jalan di lingkungan sekitar. Dia juga suka tidur di depan rumah dan di sofa.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Seseorang

R.A. Kartini

Setiap 21 April masyarakat di Indonesia memperingati hari kartini. Ini adalah hari yang indah untuk wanita karena kita merayakan kelahiran wanita hebat R.A. Kartini. Semua orang tahu siapa Kartini. Dia adalah pahlawan nasional kami dan seorang wanita hebat dengan ide cemerlang.

Kartini lahir pada tahun 1879 21 April di Mayong Jepara. Ayahnya adalah Rama Sosroningrat seorang Wedana (asisten Bupati) di Mayong. Ibunya, Ma Ngasirah adalah seorang gadis dari desa Teluk Awur di Jepara yang merupakan putri dari keluarga bangsawan, dia merasa beruntung karena dia mendapat lebih dari pada orang biasa. Dia mendapat pendidikan yang lebih baik daripada anak-anak lain. Pada tanggal 12 November 1903 ia menikah dengan adipati djoyodiningrat, kepala Kabupaten Rembang. Menurut tradisi Jawa Kartini harus mengikuti suaminya. Kemudian ia pindah ke Rembang.

Pada 13 September 1904 ia melahirkan anaknya. Namanya Singgih. Tapi setelah melahirkan seorang putra, kondisinya semakin parah dan dia akhirnya meninggal dunia pada 17 September 1904 berusia 25 tahun.

Sekarang Kartini telah tiada. Tapi semangat dan mimpi nya akan selalu berada di hati kita. Saat ini kemajuan perempuan Indonesia dipengaruhi oleh semangat kartini yang diyatakan dalam koleksi surat "Habis Gelap terbitlah Terang" yang ditulisnya.

Teks Deskripsi Tentang Tempat

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan objek wisata yang terkenal di Jawa Barat. Pantai ini terletak di daerah timur Jawa Barat. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah, pasir hitam dan airnya jernih terhampar luas sejauh mata memandang. 

Di sebelah kiri dari pantai terdapat tempat yang namanya Pasir Putih. Pasir Putih merupakan primadona wisata di Pantai Pangandaran. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki pasir berwarna putih, karang-karang kecil dan air yang jernih. Saking jernihnya kita bisa melihat terumbu karang di dasar laut dan juga ikan-ikan yang berenang.
Banyak para wisatawan yang berkunjung memilih untuk bersnorkeling, karena ingin menikmati keindahan dunia bawah airnya.

Pasir Putih ini masih satu kawasan dengan Cagar alam Pangandaran. Kawasan yang asri dengan penghuni disana yaitu monyet akan menyambut para wisatawan dari dalam cagar alam. 

Gua-gua yang penuh dengan sejarah dan pantai dari cagar alam menjadi destinasi utama pada perjalanan di cagar alam ini.

Wisata alam ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama saat libur panjang tiba. Para pengunjung bermain pasir, berenang, berkeliling objek wisata yang tedapat disana atau sekedar berfoto dengan berlatarkan pantai. Itulah Pantai Pangandaran. Pantai terindah di Jawa Barat.

0 Response to "Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Teks, dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel