Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013

Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013
 

Halo sobat jagoansekolah! Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Kali ini kami akan memberikan rangkuman pelajaran Geografi untuk SMA kelas 11 semester 1 dan 2. Di kelas 11 ini kalian akan mempelajari materi-materi diantaranya: Indonesia sebagai poros maritim dunia, Biosfer, Sumber daya alam Indonesia, Usaha ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, dinamika kependudukan, keragaman budaya di Indonesia, dan yang terakhir adalah mitigasi bencana.

Agar kalian lebih mudah mempelajari materi Geografi tersebut kami sudah merangkum poin garis besarnya sebagai berikut ini. Mari kita simak!

1. Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Indonesia memiliki lokasi strategis, yaitu terletak diantara dua benua, benua Asia dan Australia, dan dua samudera, samudera Pasifik dan Hindia. Lokasi Indonesia menghubungkan antara Eropa, Timur Tengah dan Asia Selatan (India) dengan Asia Timur (Jepang dan China) melalui perairan Indonesia. Dengan lokasi strategis, banyak kapal dagang yang lewat di perairan Indonesia, terutama di Selat Malaka. Indonesia mudah untuk berdagang dengan negara lain. Hasil produksi Indonesia mudah dipasarkan dan Indonesia juga mudah melakukan impor barang dari negara lain.

Lokasi di antara dua samudera juga membuat Indonesia menjadi pertemuan arus. Arus laut ini membawa banyak mikroorganisme laut yang menjadi makanan ikan. Akibatnya ikan beraneka jenis bisa ditemukan di Indonesia dan menjadi penopang kegiatan perikanan.  

2. Biosfer

Biosfer berasal dari 2 (dua) kata diantaranya kata "bios" yang artinya hidup dan kata "sphaira" yang artinya Lapisan. Jika diartikan secara etimologis, biosfer yaitu lapisan bumi yang dapat dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup. Untuk kelangsungan hidupnya setiap makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan tempat untuk ditinggali dan tempat untuk hidup inilah yang dinamakan dengan Biosfer. Definisi lain biosfer yaitu bagian luar bumi yang mencangkup daratan, air dan udara yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup dan proses biotik berlangsung.

3. Sumber Daya Alam di Indonesia

Mengutip Kemdikbud RI, potensi Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia adalah: 

  • Hutan 
  • Lautan
  • Minyak bumi 
  • Gas alam 
  • Batu bara

4. Usaha Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari Tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Berdasarkan pada konsep dasar ketahanan pangan di atas, aspek strategis dalam ketahanan pangan dapat dibedakan menjadi empat, yaitu: ketersediaan, stabilitas, akses dan penggunaan pangan.

6. Energi Baru dan Terbarukan

Sumber energi yang dapat diperbarui adalah sumber daya energi yang dapat terus digunakan tanpa batas waktu tertentu dan tidak akan pernah habis. Contoh:

  • Panas
  • Air
  • Angin
  • Biomassa atau Biogas
  • Sampah Organik

7. Dinamika Kependudukan

Dinamika Kependudukan adalah Perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang di sebabkan oleh Kelahiran, Kematian dan Perpindahan (Migrasi)

  • Kematian (Mortalitas) adalah peristiwa menghilangnya tanda tanda kehidupan dari manusia.
  • Kelahiran (Fertilitas atau Natalis) adalah kemampuan berproduksi yang sebenarnya dari penduduk/Menunjukkab kelahiran yang sesungguhnya.
  • Fertilitas dan Natalis berarti sama, namun hanya berbeda ruang lingkupnya
  • Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain dengan tujuan menetap.

8. Keragaman Budaya di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya sehingga indonesia adalah negara yang paling unik. Indonesia memilik banyak budaya dan suku yang berbeda dan khas dari setiap daerah, masing masing daerah memiliki budaya dan suku sendiri. Budaya dan suku pasti memiliki ciri khas untuk membedakannya seperti lagunya, tariannya, baju adatnya, dan masih banyak lagi.

Contoh keragaman budaya di Indonesia adalah antara lain: 

  • Keragaman Agama dan Kepercayaan
  • Keragaman Suku
  • Keragaman Bahasa
  • Keragaman adat istiadat
  • Keragaman Budaya

9. Mitigasi Bencana

Mitigasi bencana merupakan suatu upaya, perlakuan dimana upaya tersebut bertujuan sebagai cara menanggulangi resiko terjadinya suatu bencana agara tidak terdapat banyak korban jiwa dan juga kerusakan kerusakan yang timbul akibat bencana tersebut. Tujuan utama Mitigasi Bencana adalah sebagai upaya untuk menanggulangi terjadiny dampak yang diakibatkan oleh berbagai bencana alam.

Terimakasih sudah membaca rangkuman materi Geografi untuk SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 semester 1 dan 2 ini. Semoga dapat membantu kegiatan belajar mengajar kalian di sekolah ya.

0 Response to "Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel