8 Ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya

8 Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya

Makhluk hidup adalah suatu organisme yang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup, seperti menghirup udara, makan, dan berkembang biak. Dalam biologi, bagian dari makhluk hidup diantaranya ialah bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Makhluk hidup tentu berbanding terbalik dengan benda mati. Benda seperti batu, tanah, api, air, dan udara merupakan benda mati. Lalu apa saja sih ciri-ciri makhluk hidup itu? Mari kita langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

1. Bergerak
Makhluk hidup seperti manusia dan hewan memiliki alat gerak yang membuat mereka mampu menggerakkan tubuh mereka sebebas mungkin. Contoh alat gerak pada makhluk hidup ialah: Tangan manusia untuk memegang sesuatu, kaki hewan untuk berlari, sirip ikan untuk berenang, dan sayap burung untuk terbang.

2. Makan dan Minum
Makan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh makhluk hidup. Karena tanpa makanan dan minuman, makhluk hidup bisa mati. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi dan sebagai nutrisi pertumbuhan makhluk hidup itu sendiri. Sedangkan air berguna sebagai hidrasi bagi tubuh dan zat pelarut.

3. Peka terhadap rangsangan
Makhluk hidup akan bereaksi jika ada rangsangan di sekitar ia diam atau tinggal. Rangsangan tersebut bisa berupa panas, dingin, sentuhan, rasa, bau, dan sebagainya. Untuk merasakan rangsangan tersebut, makhluk hidup memiliki indera. Contohnya, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, kulit untuk merasakan sentuhan, dan lidah untuk mengecap.

4. Bernafas
Bernafas adalah proses pengambilan oksigen oleh organ pernafasan dan mengeluarkannya kembali menjadi karbon dioksida. Fungsi oksigen bagi tubih adalah untuk menggerakan sistem pernafasan dan membantu sistem peredaran darah.

5. Tumbuh
Seiring berjalannya waktu, makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan akan tumbuh dari kecil menjadi besar. Manusia yang awalnya lahir sebagai bayi kecil, tumbuh besar menjadi manusia dewasa, hewan yang semula kecil, tumbuh sebesar induknya, dan tumbuhan yang awalnya hanya tunas kecil, tumbuh menjadi pohon besar yang kuat.

6. Mengeluarkan zat sisa
Pengeluaran zat sisa oleh makhluk hidup disebut dengan proses ekskresi. Ekskresi tentu sangat diperlukan oleh tubuh karena zat sisa yang mengendap dalam tubuh adalah racun. Jadi perlu dibuang. Contoh zat sisa adalah keringat, urine dan kotoran.

7. Berkembang Biak
Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan keturunannya. Contohnya seperti burung betina yang bertelur, telur tersebut adalah hasil dari pembuahan yang dilakukan oleh burung jantan kepada betina. Telur tersebut kemudian akan menetas dan terlahir burung-burung generasi baru sehingga siklus kehidupan mereka tetap terjaga.

8. Beradaptasi
Makhluk hidup dapat menyesuaikan diri atau dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan beradaptasi makhluk hidup menjadikan mereka dapat bertahan hidup di lingkungannya.

Cukup sekian penjelasan ciri-ciri makhluk hidup dari kami. Semoga dapat membantu proses pembelajaran kalian! Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya!

0 Response to "8 Ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel