Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013

Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013

Halo sobat jagoansekolah! Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Kali ini kami akan memberikan rangkuman pelajaran Geografi untuk SMA kelas 10 semester 1 dan 2. Di kelas 10 ini kalian akan mempelajari materi-materi diantaranya: pengetahuan dasar Geografi, pengetahuan dasar pemetaan, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis, langkah-langkah penelitian geografi, dinamika planet bumi, dinamika litosfer, dinamika atmosfer, dan dinamika hidrosfer.

Agar kalian lebih mudah mempelajari materi Geografi tersebut kami sudah merangkum poin garis besarnya sebagai berikut ini. Mari kita simak!

1. Pengetahuan Dasar Geografi
Geografi adalah ilmu yang bersifat dinamis, karena keadaan alam dapat berubah-ubah seiring dengan kondisi perkembangan kehidupan manusia. Contohnya adalah fenomena panjang sungai, di mana dahulu sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, namun seiring berjalannya waktu, Sungai Amazon menggeserposisi sungai Nil sebagai sungai terpanjang di dunia. Sedimentasi di muara sungai Amazon membentuk delta yang menjorok ke laut dan memperpanjang aliran sungai Amazon yang terbentuk di sepanjang delta tersebut.

2. Pengetahuan Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis

Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis merupakan suatu kajian geografi teknik yang menggunakan keahlian teknis dalam geografi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Contohnya Pemetaan, penginderaan jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

3. Langkah-Langkah Penelitian Geografi
  • Perumusan dan pernyataan masalah penelitian. 
  • Perumusan dan tujuan penelitian.
  • Penyusunan hipotesis penelitian. 
  • Penentuan populasi dan penarikan sampel. 
  • Teknik pengumpulan dan pengolahan data. 
  • Analisis dan interpretasi data. 
  • Penarikan kesimpulan hasil penelitian.
4. Dinamika Planet Bumi

Bumi itu bersifat dinamis dan terus berkembang. Perubahan itu terlihat tidak hanya di permukaan bumi saja, tetapi juga terlihat pada kehidupan makhluk hidup yang berkembang di dalamnya. Ada gaya- gaya dan tekanan yang berperan dalam pembentukan bumi. Takanan tersebut mengakibatkan adanya perubahan pada permukaan bumi, ada yang berubah posisi, berotasi dan juga termampatkan.

5. Dinamika Litosfer

Litosfer adalah kulit terluar dariplanet berbatu. Litosfer berasal darikata Yunani, lithos (λίθος) yang berarti berbatu, dan sphere (σφαῖρα) yang berarti padat. Litosfer berasal dari kata lithos artinya batuan, dan sphere artinya lapisan. Secara harfiah litosfer adalah lapisan Bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit Bumi. Pada lapisan ini pada umumnya terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan Si02, itulah sebabnya lapisan litosfer sering dinamakan lapisan silikat dan memiliki ketebalan rata-rata 30 km yang terdiri atas dua bagian, yaitu Litosfer atas (merupakan daratan dengan kira-kira 35% atau 1/3 bagian) dan Litosfer bawah (merupakan lautan dengan kira-kira 65% atau 2/3 bagian).

6. Dinamika Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan udara yg menyelubungi bumi, dan adapun struktur lapisan atmosfer adalah sebagai berikut :
  • lapisan troposfer, merupakan lapisan atmosfer paling bawah dimana pada lapisan troposfer terdapat gejala atau fenomena seperti hujan, angin, petir, badai dan tempat terjadinya siklus air
  • lapisan stratosfer, merupakan lapisan yg terdapat unsur O3 atau ozon yg bermanfaat dalam melindungi bumi dari radiasi ultraviolet
  • lapisan mesosfer, merupakan lapisan dimana suhu lapisan udara turun secara drastis hingga - 100°c , dan adapun fungsi dari lapisan mesosfer yaitu sebagai pelindung bumi dari kejatuhan benda benda angkasa seperti meteor
  • lapisan termosfer, merupakan lapisan dimana tempat di pantulkannya gelombang radio dari bumi sehingga di bumi dapat melakukan telekomunukasi
  • lapisan eksosfer dimana ini adalah lapisan terluar dari atmosfer yg sdh didominasi oleh gas hidrogen.
7. Dinamika Hidrosfer

Hidrosfer adalah sebutan untuk lapisan-lapisan air di permukaan bumi. Nama hidrosfer berasal dari kata hidro, berarti air dan sphere, berarti lapisan. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danau, sungai, laut, lautan, salju atau gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara.

Demikian yang bisa kami rangkum untuk materi pelajaran Geografi SMA kelas X. Semoga dapat membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah ya.

0 Response to "Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel