Rangkuman Materi Pelajaran Biologi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013

Rangkuman Materi Pelajaran Biologi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013
Halo sobat jagoansekolah! Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rangkuman pelajaran Biologi SMA untuk Kelas XI semester 1 dan 2. Di kelas 11 ini kebanyakan membahas tentang sistem yang ada di dalam tubuh manusia, namun ada juga mengulas sedikit tentang sistem yang ada pada hewan dan tumbuhan. Semoga rangkuman yang kami beri ini memberikan sedikit gambaran apa yang akan dibahas pada pelajaran Biologi di kelas nanti ya! Yuk mari kita langsung saja bahas materi Biologi apa saja yang akan dipelajari di kelas 11 ini.

1. Sel

Sel adalah satuan unit terkecil makhluk hidup yang merupakan dasar penyusun bagian-bagian tubuh. Sel dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu eukariot dan prokariot. Tipe sel eukariot merupakan sel yang memiliki inti sel (nukleus). Sementara prokariot dikenal sebagai sel yang tidak memiliki nukleus.

2. Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Jaringan tumbuhan adalah sekumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk, asal, fungsi dan struktur yang sama. Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan meristem, jaringan penyokong, dan jaringan dasar.

3. Jaringan Hewan

Pengertian jaringan hewan adalah sekumpulan sel yang sama, memiliki fungsi yang sama membentuk sebuah jaringan organ hewan. Bukan hanya satu sel tetapi beberapa sel yang sama dalam hal ini memiliki fungsi yang sama pada suatu organ tertentu pada hewan. Struktur jaringan hewan dengan manusia pada dasarnya sama tetapi ada bagian-bagian yang membedakan. Pada hewan terdapat empat jaringan yang membentuk suatu jaringan. Jaringan tersebut yaitu Jaringan epithelium, Jaringan ikat, Jaringan otot, dan jaringan saraf.

4. Sistem Gerak Pada Manusia

Gerakan yang dilakukan manusia menggunakan sejumlah organ, rangka, persendian, hingga otot dan disebut dengan sistem gerak. Sistem gerak adalah satu kesatuan yang kompleks. Organ-organ di dalam tubuh yang menunjang gerak, yakni:  Rangka, Tulang, Sendi, dan Otot

5. Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah terdiri dari pembuluh darah yang membawa darah dari dan menuju jantung. Arteri membawa darah dari jantung dan vena untuk membawa kembali darah ke jantung. Sistem peredaran darah manusia membawa oksigen, nutrisi, dan hormon menuju sel, serta membuang 'sampah', seperti karbondioksida.

6. Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah serangkaian jaringan organ yang bekerja untuk mencerna makanan. Selama dalam saluran pencernaan, makanan akan mengalami proses pencernaan, baik secara mekanik maupun secara kimia. 

Pencernaan secara mekanik adalah proses pengubahan makanan dari bentuk besar atau kasar menjadi bentuk yang lebih kecil atau halus. Proses itu terjadi di dalam mulut dengan bantuan gigi dan lidah. Pencernaan secara mekanik juga terjadi di dalam lambung dengan bantuan gerak peristaltik dinding lambung, sehingga makanan seperti diaduk. 

Sedangkan, pencernaan secara kimia adalah proses pengubahan zat makanan dari bentuk yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan bantuan enzim pencernaan. Misalnya saja, pengubahan protein menjadi asam amino yang dilakukan oleh enzim tripsin.

7. Sistem Pernafasan

Sistem pernapasan adalah sekumpulan jaringan organ yang membantu tubuh bernapas. Sistem pernapasan membantu tubuh menyerap oksigen dari udara dan membuang gas sisa seperti karbondioksida dari darah. Dengan dukungan oksigen, seluruh organ dapat berfungsi dengan normal.

8. Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi merupakan proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Sisa-sisa metabolisme ini berupa senyawa-senyawa yang bersifat toksik (racun) sehingga jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ di dalam tubuh. Organ-organ yang berperan dalam sistem ekskresi pada manusia meliputi kulit, ginjal, paru-paru, dan hati.

9. Sistem Reproduksi

Awal proses reproduksi manusia terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur, yang umumnya terjadi dalam hubungan seksual. Proses ini dapat berlangsung berkat adanya organ-organ reproduksi yang berfungsi

Organ reproduksi beserta kelenjar dan hormon, membentuk sistem reproduksi yang berperan dalam proses reproduksi manusia. Sistem reproduksi pada pria dan wanita berbeda, serta bekerja secara spesifik untuk masing-masing jenis kelamin secara genetik.

Sistem reproduksi pria berfungsi untuk memproduksi dan menyimpan, serta mengantarkan sperma untuk membuahi sel telur. Sedangkan, sistem reproduksi wanita memiliki fungsi untuk memproduksi sel telur dan menyediakan tempat untuk janin selama kehamilan. Kedua fungsi tersebut saling melengkapi dalam proses reproduksi.

10. Sistem Imun

Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Sitem imun berperan dalam mengenal, menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang merugikan tubuh. Sistem imun tidak memiliki tempat khusus dalam tubuh manusia dan tidak dikontrol oleh organ pusat, seperti otak. Sel-sel tertentu berperan sebagai pasukan pertahanan untuk memerangi benda asing yang masuk tubuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada tubuh.

11. Sistem Endokrin

Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang menghasilkan hormon yang merupakan sinyal kimia yang dikeluarkan melalui aliran darah. Sistem endokrin tersusun oleh beragam kelenjar, termasuk hormon-hormon yang dihasilkannya. Dalam proses kerjanya, sistem endokrin banyak bekerja sama dengan sistem saraf, yang membentuk sistem neuroendokrin.

Secara umum, kelenjar endokrin bertanggung jawab atas hampir seluruh proses dalam tubuh yang berlangsung lambat, mencakup pertumbuhan sel, tumbuh kembang badan, proses reproduksi, serta metabolisme. Sedangkan proses tubuh yang berlangsung lebih cepat, misalnya pernapasan dan pergerakan tubuh, diatur oleh sistem saraf.

Di dalam sistem endokrin, kelenjar dan hormon bagaikan sebagai fondasi. Hormon merupakan senyawa kimia yang tugasnya mengirim informasi dan perintah dari sel satu ke sel yang lain. Masing-masing hormon dirancang khusus untuk bekerja spesifik pada sel-sel tertentu. Oleh karena itu, banyak hormon berbeda yang hilir mudik di dalam aliran darah.

12. Sistem Koordinasi (Syaraf dan Indera)

Sistem koordinasi adalah sistem organ yang terdiri dari organ-organ yang saling bekerja sama dalam mendukung fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Sistem koordinasi terdiri dari beberepa komponen yaitu sistem hormon, sistem saraf dan alat indera. Sistem hormon berperan dalam mengatur homeostasis  dan metabolisme tubuh. Adapun sistem saraf dan indera bekerja sama dalam menerima rangsangan dari lingkungan sehingga tubuh dapat melakukan respon ataupun gerakan tubuh.  

Terimakasih sudah membaca Rangkuman Materi Pelajaran Biologi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013. Semoga dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah!

0 Response to "Rangkuman Materi Pelajaran Biologi SMA Kelas 11 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel