Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 12 Kurikulum 2013

Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
 

Halo sobat jagoansekolah! Apa kabar kalian semua? Semoga sedang dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan rangkuman materi pelajaran Geografi untuk SMA kelas 12 semester 1 dan 2. Pada Geografi kelas 12 ini kalian akan mempelajari materi diantaranya: Konsep wilayah dan tata ruang, Interaksi keruangan desa dan kota, pemanfaatan peta, penginderaan jauh, dan Sistem informasi Geografi (SIG), dan yang terakhir ialah interaksi negara maju dan berkembang.

tanpa basa-basi lagi yuk kita simak sedikit penjelasan mengenai main point dari materi geografi kelas 12 ini.

1. Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Wilayah adalah bagian atau daerah di permukaan bumi yang dibatasi oleh kenampakan tertentu yang bersifat khas dan membedakan wilayah tersebut dari wilayah lainnya.

Tata ruang merupakan perwujudan hasil dari struktur ruang dan pola ruang. Sedangkan perencanaan tata ruang merupakan proses menentukan struktur pola ruang dengan cara menyusun dan menetapkan rencana pengaturannya.

2. Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Istilah desa berasal dari bahasa Sanskerta yaitu deshi yang artinya tanah kelahiran atau tumpah darah. Desa pada prinsipnya hanya berupa tempat tinggal, bukan sebagai pusat bisnis. Pada umumnya, desa terdiri atas daerah perwasawahan dan bangunan-bangunan sederhana yang mengelilinginya

Di desa, sistem perhubungan sangat dipengaruhi oleh kondisi geografisnya. Desa yang kondisi geografisnya berupa dataran memiliki tingkat kelancaran yang tinggi dibandingkan desa-desa di daerah perbukitan atau pun pegunungan.

Bila dihubungkan dengan kota, maka desa dapat berfungsi sebagai hinterland kota. Hal ini tentunya perlu didukung sarana dan prasarana perhubungan

Kota didefinisikan sebagai suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang memiliki ciri sosial, seperti jumlah penduduk tinggi dan strata sosial-ekonomi yang heterogen dengan corak yang materialistis.

Berbeda dengan desa, kota memiliki kondisi fisik relatif lebih modern, seperti kondisi sarana dan prasarana jaringan transportasi yang kompleks, sektor pelayanan dan industri yang lebih dominan.

Di Indonesia, struktur ruang kota ditandai dengan pemanfaatan lahan yang tidak tertata dengan baik sehingga menimbulkan berbagai macam permasalahan, seperti permasalahan permukiman, pembuatan trotoar, drainase, jalan raya, dan perindustrian

3. Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG)

Peta berfungsi untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat dari tempat lain di permukaan bumi. Sebagai salah satu komponen penginderaan jarak jauh yang penting, peta memberikan gambaran mengenai bentuk-bentuk yang ada di permukaan bumi. Misalnya bentuk lautan atau bentuk pegunungan dalam bentuk dimensi. Kamu bisa membaca bentuk-bentuk permukaan bumi melalui simbol warna yang berbeda-beda.

Manfaat proses pemetaan sebagai komponen penginderaan jauh adalah, untuk mendapatkan informasi mengenai suatu objek daerah atau fenomena, melalui analisis data yang didapatkan melalui alat, tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau fenomena yang dikaji. 

4. Interaksi Negara Maju dan Berkembang

Para ahli ekonomi umumnya membagi negara-negara di dunia ini menjadi dua kelompok, yaitu negara kaya dan miskin atau negara maju dan berkembang. Baik negara maju maupun berkembang, masing-masing mempunyai ciri khusus yang dapat diamati. 

Sebagian besar Negara maju berada di belahan bumi bagian utara kecuali Australia dan Selandia Baru yang berada di belahan bumi bagian selatan.

Ciri-ciri negara maju

  • Jumlah dan pertumbuhan penduduknya kecil.
  • Jumlah pencari kerja dan lapangan kerja yang ada seimbang.
  • Tingkat pendayagunaan tenaga kerja sudah tinggi.
  • Daya serap ekonomi sudah tinggi.
  • Tingkat kesehatan penduduk sudah tinggi.
Sebagian besar Negara berkembang berada di belahan bumi bagian selatan. Contoh Negara berkembang yaitu Filipina, Indonesia, Vietnam, Kamboja, Thailand, Meksiko.

Ciri-ciri negara berkembang

  • Jumlah dan pertumbuhan penduduknya masih tinggi.
  • Jumlah pencari kerja dan lapangan kerja yang ada tidak seimbang.
  • Tingkat pendayagunaan tenaga kerja masih rendah.
  • Daya serap ekonomi rendah dan kadangkala kurang menentu.
  • Tingkat kesejahteraan penduduk masih rendah.

Baiklah, cukup sekian materi geografi SMA kelas 12 kurikulum 2013 yang bisa kami rangkum. Semoga dapat membantu kegiatan kalian belajar di sekolah ya. Terimakasih sudah membaca!

0 Response to "Rangkuman Materi Geografi SMA Kelas 12 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel