Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia

Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia
Bentuk Keragaman Budaya yang Ada di Indonesia

jagoansekolah.com - Indonesia adalah negara besar dengan banyak pulau tersebar dari Sabang sampai Merauke. Oleh sebab itu negara Indonesia memiliki memiliki suku bangsa, budaya, bahasa, dan agama yang beragam. 

Keragaman ini membuat Indonesia semakin kuat seperti semboyan negara ini, Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti : walaupun berbeda harus tetap satu. 

Di negara yang majemuk ini, kami sudah rangkumkan 8 jenis keragaman sosial dan budaya yang ada di Indonesia. Bisa dibaca sebagai berikut ini.

1. Keragaman Suku Bangsa

Suku bangsa adalah sekelompok manusia yang hidup bersama dalam suatu kelompok sosial yang memiliki kesamaan budaya. Setiap suku bangsa biasanya memiliki aturan dan identitas yang mempersatukan semua anggotanya. Contoh suku bangsa di Indonesia, yaitu suku Nias (Sumatera Utara), suku Bugis (Sulawesi), dan suku Asmat (Papua).

2. Keragaman Bahasa

Bahasa adalah suatu kemampuan manusia untuk berkomunikasi pada manusia lainnya. Indonesia memiliki beragam suku yang menjadikan bahasa pun berbeda satu sama lain di setiap daerahnya. Contoh bahasa daerah di Indonesia: Bahasa Batak (Sumatera Utara), bahasa Sunda (Jawa Barat), dan bahasa Betawi (DKI Jakarta).

3. Keragaman Agama

Agama adalah sebuah sistem yang mengatur kepercayaan seseorang kepada Tuhan. Sebenarnya menurut kami, agama ini bukanlah merupakan bagian dari budaya, namun kami ingin menambahkannya ke dalam bentuk keragaman di Indonesia, karena faktor agama juga yang membuat Indonesia masih rukun sampai saat ini. Agama yang diakui di Indonesia ada 6 yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu

4. Keragaman Rumah Adat

Rumah Adat merupakan Bangunan rumah yang mencirikan atau khas bangunan suatu daerah di Indonesia yang melambangkan kebudayaan dan ciri khas masyarakat setempat. Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda. Contoh rumah adat di Indonesia: Joglo (Jawa), rumah gadang (Sumatera Barat) 

5. Keragaman Tarian

Tari tradisional adalah suatu tarian yang pada dasarnya berkembang di suatu daerah tertentu yang berpedoman luas dan berpijak pada adaptasi kebiasaan secara turun temurun yang dipeluk/dianut oleh masyarakat yang memiliki tari tersebut. Tari juga merupakan salah satu bentuk kesenian yang memadukan antara gerakan tubuh dan iringan musik. Contoh tarian daerah yang ada di Indonesia: Tari Kecak (Bali), Tari Zapin Tembung (Kalimantan Barat), dan Tari maengket (Sulawesi Utara).

6. Keragaman Pakaian Tradisional

Pakaian Adat adalah pakaian yang memiliki ciri khas tertentu yang dijadikan identitas dari sebuah daerah. Ciri tersebut dapat berupa warna, motif, bahan, dll. Di Indonesia hampir setiap wilayah tertentu memiliki pakaian adat yang menjadi identitas masyarakatnya. Biasanya pakaian adat ini dipakai di acara-acara adat tertentu. Contoh pakaian adat di Indonesia: Bundo Kanduang (Sumatera Barat), Beskap (Jawa Tengah), dan Payas (Bali).

7. Keragaman Senjata Tradisional

Senjata tradisional adalah alat yang digunakan untuk berburu atau berlindung dari musuh pada jaman dahulu. Selain itu, Senjata tradisional digunakan juga untuk pelengkap pakaian adat. Contoh senjata tradisional di Indonesia adalah : Rencong (Aceh), Keris (Jawa), dan Tombak trisula (Sumatera Selatan).

8. Keragaman Alat Musik Tradisional
Alat musik tradisional adalah alat-alat musik yang berkembang secara turun-temurun pada suatu daerah yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah asal berkembangnya alat musik tersebut. Setiap provinsi memiliki alat musik tradisionalnya. Cara memainkan alat musik tradisional pun beragam. Ada yang dipukul, ditiup, dan digesek. Contoh alat musik tradisional Indonesia yaitu : Tambo (Aceh), angklung (Jawa Barat), dan Tifa (papua).

Terimakasih sudah membaca bentuk-bentuk keragaman sosial dan budaya yang ada di Indonesia. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar di sekolah. Keragaman di Indonesia ini sejatinya harus kita jaga agar budaya tradisional kita akan terus dikenal oleh anak cucu kita kelak. Silahkan share dan berikan komentar kalian di kolom komentar di bawah ini yaa~

1 Response to "Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel