Materi Teks Cerita Fantasi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7

Materi Teks Cerita Fantasi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7

Halo sobat jagoansekolah dimanapun kalian berada! Pada kesempatan kali ini kami ingin menyampaikan materi mengenai teks cerita fantasi. Dalam pelajaran bahasa indonesia kali ini kita akan mengenal pengertian, ciri-ciri, struktur teks dan contoh cerita fantasi. Yuk langsung saja kita simak.

Pengertian Teks Fantasi

Cerita fantasi adalah sebuah tulisan karangan yang menceritakan sebuah peristiwa yang berupa imajinasi seorang penulis. Bisa dibilang cerita fantasi ini hanyalah karangan yang tidak nyata adanya. Banyak sekali contoh teks cerita fantasi yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Contohnya seperti: Bawang merah dan bawang putih, si kancil dan buaya, timun mas, cinderella, snow white, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Teks Fantasi
  • Teks fantasi umumnya menggambarkan hal-hal yang tidak eksis di dunia nyata. Misalnya cerita yang bertema supranatural, hewan yang bisa bicara, sihir, atau ghaib.
  • Ide cerita dalam teks fantasi tidak harus masuk akal. Ini karena teks fantasi bersifat khayalan semata, jadi penulis dapat bebas menuangkan segala ide walaupun tidak sesuai dengan kaidah dalam dunia nyata,.
  • Teks cerita fantasi biasanya berlatar bebas, bisa di masa lalu, masa depan, ataupun masa kini. Tempatnya pun tidak harus ada di dunia yang sedang kita tinggali ini. Bisa saja penulis menuliskan dunianya sendiri menembus ruang dan waktu yang lain.
  • Tokoh dalam cerita teks fantasi biasanya memiliki kekuatan atau kesaktian tertentu. Misalnya dapat berbicara dengan hewan, dapat menggunakan sihir, dapat melintasi dimensi lain, dan lain sebagainya.
  • Seperti namanya, teks fantasi itu bersifat fiktif alias bukan kejadian nyata.
  • Menggunakan bahasa yang tidak formal.

Struktur Teks Cerita Fantasi
  1. Orientasi
    Orientasi adalah permulaan dari cerita yang menggambarkan secara singkat pemain dan latar belakang. Di awal cerita ini juga dituliskan sekilas konflik yang sedang terjadi di dalam cerita.
  2. Komplikasi
    Komplikasi berisi masalah demi masalah yang akhirnya mencapai klimaks. Biasanya ada sebab dan akibat.
  3. Resolusi
    Di bagian resolusi ini berisi tentang penyelesaian masalah dari masalah yang terjadi. Dengan kata lain ini adalah penutup dari cerita.

Contoh Teks Cerita Fantasi

Dunia Cokelat

Segerombolan anak sedang berjalan-jalan d itengah hutan. Anak-anak tersebut adalah Willy, Jo, Hans, dan Kimberly. Mereka berempat menemukan sebuah rumah besar yang terbuat dari cokelat. Saat masuk, ia menemui pemilik rumah cokelat tersebut. Pemilik rumah tersebut adalah seorang nenek renta yang terlihat baik hati.

Saat masuk ke rumah, mereka berempat dibuat takjub oleh berbagai hidangan cokelat yang ada. Bahkan dari dinding rumah, engsel pintu, dan berbagai benda lainnya semuanya terbuat dari cokelat. Hans dan Jo yang sangat menyukai cokelat amat senang menemukan rumah yang terbuat dari serba cokelat ini.

Nenek tersebut mempersilakan keempatnya untuk memakan cokelat apa pun yang ia mau sepuasnya. Jo dan Hans dengan lahap memakan semua cokelat yang dihidangkan dengan rakus. Sedangkan Kimberly tidak suka cokelat dan Willy hanya memakan sedikit saja.

Nenek tersebut memaksa Kimberly dan Willy agar menyantap cokelat lebih banyak lagi. Willy jadi menyadari ada yang tidak beres dengan ini, ia mulai meminta Jo dan Hans untuk berhenti menyantap cokelat dan pulang. Nenek itu menjadi marah. Kimberly yang menyadari bahwa ini sudah tidak benar, memaksa Hans dan Jo untuk segera keluar rumah.

Jo dan Hans kekenyangan, ia hampir saja tidak sanggup untuk berlari. Untungnya, Kimberly dan Willy membantunya dengan senang hati. Nenek itu menjerit dan memekik seram melihat keempat anak tersebut meninggalkan rumah cokelatnya. Tetapi, nenek tersebut tidak bisa berbuat apa-apa karena tenaga Kimberly dan Willy sudah cukup membantu kedua teman lainnya untuk pergi.

Sesampainya di rumah, mereka menceritakan kejadian yang ia alami kepada Kakek Hans. Kakek Hans mengatakan bahwa sebenarnya itu adalah jebakan dari penyihir agar anak-anak tadi bisa menjadi santapan makan malamnya. Mereka berempat pun bergidik ngeri.

sumber teks: pintarnesia

0 Response to "Materi Teks Cerita Fantasi Bahasa Indonesia SMP Kelas 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel