Mengenal Ruang Lingkup Geografi, Apa Saja?

 
Penjelasan Lengkap Tentang Ruang Lingkup Geografi

Apa yang Dimaksud Dengan Geografi?

Geografi merupakan ilmu yang menekuni fenomena geosfer, dan persamaan serta pebedaan tiap fenomena geosfer di bermacam daerah. Geografi juga mempelajari ikatan timbal balik antara tanda serta peristiwa yang terjadi di permukaan bumi lewat pendekatan keruangan, ekologi serta kewilayahan. 

Geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, ialah geo yang artinya bumi serta graphein yang artinya penjelasan/tulisan/gambaran. Maka dapat kita simpulkan bahwa geografi merupakan ilmu yang menjelaskan semua fenomena yang terjadi di muka bumi. 

Ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi tidak cuma mencakup aspek kebumian, melainkan pula aspek manusia dan interaksi antara keduanya. 

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
  1. Ikatan Geografi Indonesia (IGI) (1988)
    Berdasarkan hasil seminar dan lokakarya di kota Semarang pada tahun 1988, Ikatan Geografi Indonesia atau IGI berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.
  2. William Hughes
    Geografi adalah ilmu, suatu hal yang tidak nama belaka tapi argumen dan alasan, sebab dan akibat.
  3. Ullman (1954)
    Geografi adalah interaksi antar ruang. Pengertian yang singat namun cukup menyatakan bahwa yang dinamakan geografi ini berhubungan dengan ruang di permukaan bumi.
  4. Karl Ritter
    Geografi merupakan suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
  5. I Made Sandy
    Geografi adalah ilmu yang berusaha mengemukakan, menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi, geografi melihat segala sesuatu dalam kaitannya dengan ruang. Penekanan utama bukanlah pada substansi tetapi pada sudut pandang keruangan.

Ruang Lingkup Geografi

Seperti dijelaskan sebelumnya, karena Geografi memiliki banyak aspek untuk dipelajari, maka para ahli membaginya ke dalam beberapa sub aspek. Mari kita simak sebagai berikut.
  1. Penjelasan peristiwa yang nampak dan terjalin di bumi. Seperti mengapa pergerakan kulit bumi terjadi, kenapa aliran udara mempengaruhi cuaca ataupun bagaimana stalaktit serta stalagmit di gua tercipta.
  2. Mempelajari sebab akibat suatu gejala ataupun peristiwa dengan gejala yang lain, misalnya mengapa gempa bumi bisa terjadi, ataupun kenapa apabila gempa bumi terjadi di laut bisa memunculkan tsunami.
  3. Mempelajari persamaan serta perbandingan fenomena yang berlangsung di permukaan bumi, misalnya wilayah tropis mempunyai karakteristik curah hujan yang tinggi, hutan rimbun, serta fauna yang beraneka macam, sebaliknya wilayah kering mempunyai karakteristik curah hujan yang sedikit, daerah gersang serta sedikit tanaman, dan hanya dihidupi makhluk tertentu saja.
  4. Mempelajari penyebaran peristiwa/gejala, semacam kenapa di Indonesia sering terjadi gempa? ataupun persebaran penduduk.
  5. Pemecahan permasalahan geografi dilakukan lewat pendekatan keruangan, ekologi, serta kewilayahan. Contohnya, penebangan hutan yang menyebabkan banjir bisa dicari pengurangan akibatnya dengan pendekatan analisis ekologi. 

Objek Kajian Geografi

Objek kajian geografi dibedakan menjadi 2 faktor utama, yakni faktor fisik dan sosial. Faktor fisik dapat berbentuk suatu hal yang berkaitan dengan kimiawi, biologis, astronomis dan lainnya. Sedangkan faktor sosial pada geografi umumnya erat hubungannya dengan hal yang berkaitan dengan manusia. Contohnya seperti antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya. 

Geografi sendiri memiliki 3 objek kajian utama. Berikut ini uraiannya.
  1. Geografi Fisik
    Merupakan kajian pada dinamika planet bumi yang berkaitan dengan fenomena ilmu pengetahuan alam. Contohnya adalah iklim, batuan, tanah, sungai.
  2. Geografi Manusia
    Merupakan kajian pada kehidupan manusia, dampak manusia terhadap lingkungan, dan juga aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia.
  3. Geografi Teknik
    Merupakan kajian mengenai pemanfaatan keahlian teknis dalam geografi, contohnya pemetaan dan pengindraan jauh. Gunanya adalah untuk mempelajari bumi dan menemukan penyelesaian masalahnya. 

Disiplin Ilmu yang Berkaitan Dengan Ilmu Geografi

Karena ruang lingkup Geografi yang sangat luas, maka ilmu ini melahirkan ilmu baru yang masih saling berkaitan. Berikut ini adalah Disiplin ilmu yang berkaitan dengan Geografi.
  • Geologi
  • Biogeografi
  • Geofisika
  • Hidrografi
  • Geomorfologi
  • Antropogeografi
  • Paleontologi
  • Meteorologi
  • Geografi Matematis
  • Geografi Sejarah
  • Geografi Regional
  • Geografi Politik
  • Astronomi
  • Oseanografi
  • Klimatologi
  • Demografi

Terimakasih sudah membaca penjelasan tentang Ruang Lingkup Geografi. Semoga dapat membantu pembelajaran kalian di sekolah ya!

0 Response to "Mengenal Ruang Lingkup Geografi, Apa Saja?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel