Jenis Sumber Energi yang Terdapat di Bumi

Jenis Sumber Energi yang Terdapat di Bumi

Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui Yang Ada di Bumi

Jagoanbelajar.com - Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Di sekitar kita banyak sekali macam macam sumber energi yang bisa menghasilkan berbagai macam energi. Energi adalah daya atau usaha yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Saat ini, kehidupan manusia dijalankan dengan lebih mudah dengan bantuan energi yang dihasilkan oleh sumber energi ini.

Secara garis besar sumber energi dapat dibagi menjadi dua jenis yakni, sumber energi terbarukan dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang melimpah dan tidak pernah habis, contohnya seperti tenaga air, angin, matahari, panas bumi, dan biomassa. Sementara energi yang tidak dapat diperbaharui adalah energi yang terbatas dan tidak mungkin tersedia kembali di bumi ini, contohnya seperti energi fossil, dan energi yang berasal dari mineral alam.

Simak penjelasan tentang perbedaan energi terbarukan dan yang tidak di bawah ini

1. Sumber Energi Terbarukan
Energi terbarukan merupakan sumber energi alam yang dapat langsung dimanfaatkan dengan bebas. Selain itu, ketersediaan energi terbarukan ini tak terbatas dan bisa dimanfaatkan secara terus menerus. Adapun contoh dari energi terbarukan ini adalah sebagai berikut:
  • Angin
    Angin merupakan udara yang bergerak. Angin memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satu manfaat energi angin adalah sebagai sumber energi bagi pembangkit listrik. Kincir angin adalah salah satu contoh alat yang dapat memproses angin menjadi tenaga listrik. Khususnya di negara dengan intensitas angin sangat banyak. Angin ini nantinya akan mendorong turbin dari kincir angin yang bisa menghasilkan energi listrik.
  • Air
    Air adalah salah satu kekuatan besar yang dapat menghasilkan energi. Air sifatnya terus-menerus bergerak. Tiap gerakan air menghasilkan energi alami yang sangat besar. Energi ini datang baik air dari sungai yang mengalir atau gelombang air yang berupa ombak di lautan. Energi yang dihasilkan oleh air dapat dimanfaatkan dan dikonversikan menjadi listrik. Air juga merupakan sumber energi yang dapat terus beroperasi kapanpun, tidak seperti energi angin dan matahari, yang hanya dapat beroperasi pada saat-saat tertentu.
  • Matahari
    Sumber energi terbesar bagi bumi adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas dan cahaya. Cahaya matahari dapat digunakan sebagai sumber energi listrik. Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik oleh alat yang bernama panel surya. Selain itu, panas matahari mempunyai manfaat lain seperti untuk mengeringkan pakaian dan kebutuhan konsumsi tumbuhan untuk berfotosintesis.
  • Panas Bumi
    Panas bumi merupakan salah satu energi terbarukan karena bisa dikatakan energi ini tidak akan pernah habis. Energi panas bumi diambil dari cairan dari perut bumi yang diangkat ke permukaan kemudian diubah menjadi energi listrik, setelah itu dikembalikan lagi dalam bentuk cairan yang telah dingin. Begitu seterusnya sehingga membentuk sebuah siklus.
  • Biomassa
    Biomasa adalah sumber energi yang dihasilkan dari bahan-bahan biologis seperti kotoran hewan, sisa tumbuhan dan limbah organik lainnya. Prinsip kerja biomassa adalah merubah sisa-sisa bahan biologis tersebut menjadi gas atau bentuk lainnya yang nanti dapat menjadi sumber energi.

2. Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber energi jenis ini jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui walaupun ada yang bisa diperbaharui tetapi memerlukan waktu yang sangat lama. Saat ini sumber energi ini masih merupakan sumber energi utama yang banyak digunakan walaupun banyak pihak yang sudah beralih menggunakan sumber energi alternatif. Contoh sumber energi tak terbarukan adalah :
  • Bahan Bakar Fosil
    Sumber energi ini berasal dari makhluk hidup dan mikroorganisme yang hidup selama jutaan tahun silam dan terkubur di dalam perut bumi. Akibat dari pengaruh tekanan dan suhu tinggi membuat fosil-fosil tersebut berubah menjadi gelembung-gelembung minyak dan gas, sedangkan batu bara terbentuk karena proses penguraian yang tidak sempurna.
  • Bahan Bakar Nuklir
    Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui lainya yaitu uranium sebagai penghasil tenaga nuklir. Tenaga nuklir mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Uranium merupakan bahan baku utama hingga dihasilkan energi atau bahan bakar nuklir. Sama halnya dengan batu bara, uranium juga terdapat di dalam lapisan tanah, sehingga untuk mengeksploitasinya dibutuhkan proses penambangan. 

Sebagai manusia yang hidup di bumi, kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam kita, baik yang dapat diperbaharui ataupun tidak. Karena kepentingan hidup kita bukan hanya untuk kita, namun juga untuk anak cucu kita kelak. Maka dari itu menjaga ekosistem alam dan tidak menghambur-hamburkan energi akan sangat membantu untuk membuat sumber daya tetap terjaga demi kelangsungan hidup umat manusia di bumi.

0 Response to "Jenis Sumber Energi yang Terdapat di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel