Silabus Tematik SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Silabus Tematik SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Silabus Tematik SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

jagoansekolah.com - Silabus adalah komponen penting dalam mengajar murid di sekolah. Maka dari itu, silabus bukan lagi hal yang asing bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Prinsip Pengembangan Silabus

Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Agar pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, maka perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus, yang meliputi :
  • Ilmiah
    Pengembangan silabus berbasis KTSP harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.
  • Relevan
    Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.
  • Sistematis
    Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten
    Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian.
  • Memadai
    Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual 
    Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  • Fleksibel
    Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh
    Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Untuk Silabus K13 Kelas 6 Terdiri dari 9 Tema, yakni Selamatkan Makhluk Hidup, Persatuan dalam Perbedaan, Tokoh dan Penemuan, Globalisasi, Wirausaha, Menuju Masyarakat Sehat, Kepemimpinan, Bumiku, Menjelajah Angkasa Luar.

Dengan ini kami ingin membantu Ibu/Bapak sekalian dalam proses belajar/mengajar di sekolah dengan memberikan Silabus Tematik SD/MI Kelas 6 Kurtilas Edisi Revisi 2017 yang bisa di lihat pada tautan di bawah ini.


Terimakasih sudah membaca artikel tentang silabus SD/MI kelas 6 kurikulum 2013 ini. Semoga dapat membantu proses belajar mengajar yang Ibu/Bapak guru lakukan di sekolah. Kami meminta untuk sekiranya memberikan komentar positif di kolom komentar di bawah ini, agar kami terus semangat untuk memperbaharui artikel seputar dunia pendidikan! 

0 Response to "Silabus Tematik SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel