Karakteristik, Letak, dan Nama Negara di Benua Asia

Karakteristik, Letak, dan Nama Negara di Benua Asia

Karakteristik, Letak, Pembagian Wilayah, dan Dinamika Penduduk di Benua Asia

jagoansekolah.com - Benua Asia merupakan benua terluas di dunia dan terdiri atas banyak negara termasuk Indonesia. Setiap negara yang berada pada benua tersebut memiliki potensi alam dan sosial budaya yang berbeda-beda. Bentuk interaksi tersebut terlihat dalam berbagai wujud seperti perdagangan, penyebaran agama, dan politik.

Lalu dimana letak benua Asia di dunia ini? Bagaimana keadaan alam di setiap negara yang ada di Asia? mari kita langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Letak Benua Asia
Benua Asia terletak pada 26° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU. Hampir seluruh wilayahnya terletak di belahan bumi utara. Hanya sebagian kecil yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia. Batas Benua Asia ialah Samudera Arktik di utara, Samudera Hindia di Selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta Selat Bering, dan Samudera Pasifik di timur.

Karakteristik, Letak, dan Nama Negara di Benua Asia

2. Luas Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km² atau seperempat luas wilayah daratan dunia. Wilayah Benua Asia membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

3. Karakteristik Benua Asia
Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Rusia. Masing masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut didasarkan atas perbedaan budaya.

4. Dinamika Penduduk Benua Asia
Berdasarkan data World Population Data Sheet, pada tahun 2005 jumlah penduduk Benua Asia mencapai 3.921.000.000 jiwa. Jumlah tersebut bertambah menjadi 4.397.000.000 pada tahun 2015. Ini berarti penduduk Asia bertambah sebesar 476 juta jiwa dalam kurun waktu 10 tahun.

Penduduk Asia tersebar tidak merata. Beberapa negara di Asia merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia, seperti China, India, dan Indonesia. Wilayah dengan jumlah dan kepadatan penduduk tinggi terlihat di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Wilayah pedalaman Asia relatif lebih sedikit penduduknya.

Berdasarkan indikator HDI (Human Development Index),kualitas penduduk Asia ternyata bervariasi. Jepang, Korea Selatan, Singapura, Brunei, China, dan Saudi Arabia merupakan negara dengan tingkat HDI yang sangat tinggi. Negara tersebut memiliki harapan hidup, pendidikan, dan pendapatan sangat tinggi. Sedangkan untuk Indonesia termasuk kategori sedang dan Nepal untuk kategori sangat rendah.

5. Ras di Benua Asia
DIlihat dari komposisi berdasarkan ras, penduduk di Benua Asia terdiri dari tiga ras utama yakni, Ras Mongoloid, Ras Kaukasoid, dan Ras Negroid. Tipe ras tersebut sudah bercampur sehingga mengalami proses asimilasi antara satu dengan yang lainnya. Dalam wilayah tertentu tentunya masih ada ras asli yang masih dominan sebagai berikut

  • Asia Utara dan Asia Tengah mayoritas adalah ras Kaukasoid atau ras Europoid.
  • Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar adalah ras Mongoloid.
  • Asia Selatan bagian tengah didominasi oleh ras Kaukasoid
  • Asia Selatan bagian selatan didominasi oleh ras Negroid, misalnya suku bangsa Dravida di India Selatan dan Sri Lanka.
  • Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan, khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman, Oman), didominasi oleh ras Negroid.
  • Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi ras Kaukasoid/Europoid dan ras Negroid.
6. Agama, Bahasa, dan Budaya di Benua Asia
Asia memiliki budaya yang sangat beragam. Asia merupakan tempat lahirnya agama-agama besar di dunia, seperti Hindu, Sikh, Konfusianisme, Taoisme, Shinto, Buddha, Islam, Kristen, dan Yahudi. Agama-agama yang lahir di Asia kemudian menyebar ke berbagai wilayah di Asia dan ke berbagai belahan dunia lainnya.

Selain agama, Benua Asia juga memiliki banyak bahasa. Kebanyakan negara di Asia memiliki lebih dari satu bahasa asli atau pribumi. Sebagai contoh, di Indonesia terdapat sekitar 600 bahasa asli atau daerah, Filipina terdapat 100 bahasa daerah dan 1.683 bahasa asli atau daerah di India.

Keragaman dan kekayaan budaya Asia juga terlihat dari karya seni, literatur, dan musik. Porselen, kaligrafi, keramik, lukisan peralatan dari gelas dan metal, arsitektur, dan tekstil.

7. Negara-Negara Di Benua Asia
  • Asia Timur
    China, Hong Kong, Makau, Jepang, Taiwan, Mongolia, Korea Selatan, dan Korea Utara.
  • Asia Tenggara
    Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.
  • Asia Selatan
    Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.
  • Asia Utara
    Rusia
  • Asia Barat
    Arab Saudi Armenia Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Iran, Irak, Israel, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Siprus, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.
  • Asia Tengah
    Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan


Terimakasih sudah membaca Karakteristik, Letak, dan Dinamika Penduduk di Benua Asia. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar di sekolah. Jangan lupa berikan komentar dan share ke sosial media kamu ya^^

0 Response to "Karakteristik, Letak, dan Nama Negara di Benua Asia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel