Karakteristik Lengkap Benua Australia

Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

Benua Australia adalah benua yang paling kecil di dunia. Luasnya hanya 8,6 juta km2, benua Australia ini bahkan lebih kecil dari benua antartika yang ada di kutub selatan.

Menurut sejarah, penduduk asli di Benua Australia adalah suku Aborigin. Namun, akibat dari pencarian bangsa Eropa dalam menemukan "Dunia Baru," suku asli Aborigin di Australia pun tersingkir.

Awalnya, Australia adalah tanah jajahan Inggris yang kemudian menjadi salah satu negara persemakmuran Inggris, bersama Afrika Selatan, Malaysia, Hongkong, dan lainnya. 

Letak Benua Australia

Berdasarkan garis lintang astronomis, benua Australia berada di 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Benua Australia terletak di bumi bagian selatan dan dikelilingi oleh laut, yaitu diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. 

Sedanagkan, berdasarkan letak geografisnya, benua Australia menjadi beberapa wilayah yakni, Australia barat, Australia utara, Australia selatan, Queensland, New South Wales, Victoria, dan Tasmania. Dari sejumlah wilayah yang ada di benua Australia, maka garis-garis perbatasannya adalah sebagai berikut:
  • Sebelah utara berbatasan dengan Indonesia, Laut Arafuru, dan Laut Timor.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Luas Benua Australia

Benua Australia memiliki luas sebesar 7.682.300 km2. Walaupun benua Australia ini merupakan benua terkecil di dunia, karena berbentuk pulau yang utuh, Australia menjadi pulau terbesar di dunia. Benua Australia yang bisa dibilang terpencil ini membuatnya dijuluki sebagai 'benua pulau.'

Karakteristik Benua Australia
Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

Benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian barat, bagian tengah, dan bagian timur dan tenggara. Bagian barat merupakan daerah yang memiliki dataran tinggi atau plato dengan kontur tanah yang agak kasar. Sedangkan di bagian timurnya merupakan daerah yang memiliki sifat kering dan tandus. Sehingga di bagian ini terdapat banyak sekali gurun yaitu Gurun Pasir Besar Australia, Gurun Gibson, dan Gurun Victoria.

Kenampakan alam yang merupakan ciri khas Benua Australia yang lainnya yaitu di sebelah barat terdapat gurun Victoria dan gurun Gibson yang merupakan salah satu gurun terluas di dunia. Selain gurun, ada banyak pengunungan misalnya Mac Donald dan pegunungan Musgrave. Untuk wilayah Australia bagian timur terdapat barisan gunung yang memanjang dengan sebutan The Great Divide Range. Sedangkan untuk wilayah bagian tengahnya terdiri dari plato barat dan pegunungan timur. Untuk wilayah tengahnya ini terdapat daratan rendah dan lembah sungai yang terkenal dengan sebutan Murray-Darling dan lembah danau Eyre.

Di Benua Australia terdapat karang terbesar di dunia yaitu Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

Iklim Benua Australia
Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

  • Iklim tropis dialami oleh wilayah bagian utara yang mendekati suatu garis khatulistiwa. Musim hujan terjadi pada bulan Januari – Juni. Musim kemarau terjadi antara bulan Juli – Desember.
  • Iklim sedang dialami wilayah Australia bagian selatan. Musim panas terjadi bulan Desember-Februari. Musim gugur terjadi bulan Maret-Mei. Musim dingin terjadi bulan Juni-Agustus. Musim semi berlangsung antara bulan September sampai dengan November.

Dinamika Penduduk Australia

Menurut data kependudukan tahun 2003 jumlah penduduk Australia adalah 19,9 juta dengan pertumbuhan penduduk sekitar 0,6 persen per tahunnya. Penduduk di Benua Australia telah berkembang menjadi negara multikultur, karena hampir semua masyarakatnya memiliki latar belakang budaya dari seluruh penjuru dunia. Walaupun demikian, Australia memiliki penduduk asli yang diperkirakan sudah menetap sekitar 40.000 tahun silam. Penduduk asli benua Asutralia ialah suku Aborigin.

Populasi penduduk Australia meningkat cepat di antara negara maju lainnya. Hal itu disebabkan oleh banyaknya imigran yang datang ke Australia. Imigran yang paling banyak mencari Suaka di Australia yang berasal dari Cina, India, Inggris, dan Selandia Baru. Hal itu menyebabkan laju pertumbuhan penduduk Australia terus meningkat seiring dengan jumlah kelahiran bayi yang terus meningkat terutama bayi dari keluarga imigran.

Ras di Benua Australia
Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

Berdasarkan sejarahnya, benua Australia dihuni oleh suku asli Aborigin, namun seiring dengan perkembangan jaman benua ini juga dihuni oleh suku bangsa lainnya.  Suku bangsa yang mendiami benua Australia antara lain suku bangsa Eropa (ras kulit putih), Asia (ras kulit kuning), dan Aborigin (ras Melanisia dan Polinesia).

Agama, Bahasa, dan Budaya di Benua Australia

Ciri khas Australia masa kini tidak hanya kemajemukan budaya penduduknya, namun hingga tahap dimana mereka dipersatukan oleh komitmen untuk membuat Australia bersatu dalam banyak kebudayaan.

Dalam hukum Australia, seluruh penduduk Australia berhak untuk mengungkapkan kebudayaan dan bebas memilih agama dalam kehidupan nasional Australia. Australia juga memiliki keyakinan teguh bahwa tak seorang pun boleh dirugikan hanya karena perbedaan negeri kelahiran, warisan budaya, bahasa, jender atau agama mereka.

Sementara itu, seluruh rakyat Australia didorong untuk belajar bahasa Inggris, yang merupakan bahasa nasional dan unsur pemersatu yang penting dari masyarakat Australia.

Negara-Negara di Benua Australia
Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

Sebagai benua, Australia sebenarnya masuk dalam kawasan Oseania. Kawasan Oseania membentang di selatan Samudra Pasifik. Banyak kepulauan dan pulau-pulau kecil. Secara umum, Oseania terbagi menjadi empat kawasan. Ada 14 negara berdaulat yang diakui dunia. Berikut daftar negara di Australia dan Oseania: 

Australia
  • New South Wales, beribu kota di Sydney
  • Queensland, beribu kota di Brisbane,
  • Victoria, beribu kota di Melbourne,
  • Australia Selatan, beribu kota di Adelaide,
  • Australia Barat, beribu kota di Perth,
  • Tasmania, beribu kota di Hobart,
  • Australia Utara (daerah teritorial), beribu kota di Darwin,
  • Ibu Kota Australia (daerah teritorial), beribu kota di Canberra.
Melanesia 
  • Fiji, beribu kota di Suva 
  • Papua Niugini, beribu kota di Port Moresby 
  • Kepulauan Solomon, beribu kota di Honiara 
  • Vanuatu, beribu kota di Port-Villa
Mikronesia 
  • Federasi Mikronesia, beribu kota di Palikir
  • Kiribati, beribu kota di Tarawa Selatan 
  • Kepulauan Marshall, beribu kota di Majuro 
  • Nauru, beribu kota di Yaren 
  • Palau, beribu kota di Melekeok 
Polinesia
  • Samoa, beribu kota di Apia 
  • Tonga, beribu kota di Nuku'alofa
  • Tuvalu, beribu kota di Funafuti 

Perekonomian di Benua Australia
Benua Australia: Karakteristik, Letak, Luas, Nama Negara Iklim, Dinamika, Agama, Ras, dan Ekonomi

Pertanian Australia dapat berkembang dengan baik tidak terlepas dari tersedianya rumput yg luas yang terdapat di wilayah tengah dan timur untuk mengembalakan biri-biri. Selain itu hasil pertanian Australia yang menonjol adalah gandum. Gandum di hasilkan di daerah lembah Suangai Murray. Tebu di hasilkan di Queensland dan New South Wales.

Perekonomian Australia dalam bidang industri, di antaranya adalah : mesin-mesin industri, mobil, kapal, barang elektronik, besi, baja, dan alat kedokteran. Kota-kota industri di Australia adalah Sydney, New Castlez Brisbane, Hobart, Adelaine, dan Pert.

Terimakasih sudah membaca Karakteristik lengkap Benua Australia. Semoga dapat membantu kalian belajar di rumah. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain ya!

0 Response to "Karakteristik Lengkap Benua Australia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel