Rangkuman Pelajaran Biologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013

Rangkuman Pelajaran Biologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013

Halo sobat jagoansekolah! Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rangkuman pelajaran Biologi SMA untuk Kelas X semester 1 dan 2. Di kelas 10 ini kalian akan mempelajari seputar animalia, plantae, virus, protista, archaeobacteria, eubacteria, dan ekologi. Memang terdengar agak asing dan sulit, namun dengan rangkuman yang kami beri ini semoga dapat memberikan sedikit gambaran apa yang akan dibahas pada pelajaran Biologi di kelas nanti ya! Yuk mari kita langsung saja bahas materi Biologi apa saja yang akan dipelajari di kelas 10 ini.

1, Ruang Lingkup Biologi

Biologi sendiri merupakan salah satu cabang dari ilmu IPA yang mempelajari tentang makhluk hidup. Secara etimologis, kata “Biologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu Bios yang artinya hidup, dan Logos yang artinya ilmu pengetahuan. Sehingga arti biologi dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu pengetahuan tentang kehidupan, termasuk hubungan antar mahluk hidup dan lingkungan hidupnya.

Struktur keilmuan biologi salah satunya adalah yang didefinisikan oleh Biological Science Curriculum Study (BSCS) . Secara umum mata pelajaran biologi ditinjau dari 3 sudut pandang yaitu: Obyek Biologi, Tema Persoalan Biologi, dan Tingkatan organisasi Kehidupan. Ketiga sudut pandang ini diterapkan secara bersama-sama sebagai sebuah satu kesatuan (Depdiknas, 2003).

2. Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati atau Biodiversitas adalah bentuk keberagaman dari hewan maupun tumbuhan, termasuk variasi gen, ekosistem dan jenisnya. Keanekaragaman hayati yang kita lihat dan rasakan sekarang ini merupakan bagian dari proses yang sangat panjang, Seiring dengan waktu hewan dan tumbuhan mengalami evolusi sehingga bisa memiliki varietas ekosistem yang berbeda di setiap zamannya.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), keanekaragaman hayati adalah variasi kehidupan yang ditemukan di suatu tempat di bumi. Keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup. Keanekaragaman dari makhluk hiudp dapat terjadi karena adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tesktur, penampilan dan sifat.


Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilih dan mengkategorikan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu yang lebih kecil.

Tujuan adanya klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah manusia dalam mempelajari karakteristik dan sifat makhluk hidup. Kalsifikasi ini juga berguna untuk mencari persamaan, perbedaan, sifat, dan ciri dari makhluk hidup satu dan makhluk hidup yang lainnya.

4. Virus

Virus adalah organisme mikroskopik (super kecil) yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan cenderung bersifat parasit. Hampir semua ekosistem di dunia mengandung virus dan dianggap sebagai organisme yang paling banyak di planet bumi.

Virus dapat menginfeksi makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, jamur, bahkan bakteri. Infeksi virus tersebut banyak menimbulkan akibat yang fatal bagi makhluk yang diinfeksinya. Virus juga tidak bisa bereplikasi (memperbanyak diri) tanpa menumpangi organisme lain. Oleh alasan inilah, virus diklasifikan sebagai organisme yang bersifat parasit atau merugikan.

5. Archaeobacteria dan Eubacteria

Macam - macam bakteri jika didasarkan atas Perbedaan RNA Ribosomnya maka dibagi menjadi 2 yakni Archaebacteria dan Eubacteria.

Archaebacteria adalah sel-sel paling kuno (paling awal) yg mempunyai kedekatan dengan Organisme yang mempunyai membran inti sel (Eukariotik). Kata Archaebacteria sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti Kuno sehingga bisa dikatakan bahwa Archaebacteria disebut dengan bakteria purba karena termasuk kedalam organisme tertua yang ada di bumi.

Eubacteria adalah organisme bersel satu (Uniseluler) yang tidak mempunyai membran inti sel Prokariotik, dan Eubacteria ini umumnya juga tidak berklorofil pada suatu dinding selnya. Kata Eubacteria ini juga berasal dari bahasa Yunani yang artinya batang kecil sejati, dan bisa dikatakan bahwa Eubacteria ini termasuk organisme Prokariotik yang bisa hidup dimanapun.

6. Grup Protista
  • Pengelompokkan Protista dibedakan berdasarkan Protista yang menyerupai jamur, hewan dan tumbuhan
  • Protista yang menyerupai jamur > Jamur lendir (Myxomycota) dan Jamur air (Oomycota).
  • Protista yang menyerupai hewan > Rhizopoda (Sarcodina), Ciliata (Ciliophora), Flagellata (Mastighopora), dan Sporozoa (Apicomplexa).
  • Protista yang menyerupai tumbuhan (Ganggang atau Algae) > Chlorophyta (ganggang hijau),  Chrysophyta (ganggang keemasan), Phaeophyta (ganggang cokelat),  dan Rhodophyta (ganggang merah).

7. Kingdom Fungi

Jamur/fungi merupakan organisme eukariotik yang memiliki dinding sel dan tidak memiliki klorofil. Dengan demikian fungi tidak bisa memproduksi makanan sendiri dengan melakukan fotosintesis seperti tumbuhan. Sehingga fungi merupakan organisme heterotrof yang memerlukan bahan organik dari luar untuk kebutuhan bertahan hidup. Sebagai organisme saprofit fungi hidup dari benda-benda atau bahan-bahan organik yang telah mati. Saprofit menghancurkan sisa-sisa bahan tumbuhan dan hewan yang kompleks menjadi bahan organik yang lebih sederhana.

8. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae atau yang lebih dikenal dengan tumbuhan ialah salah satu organisme eukariotik multiseluler yang mempunyai dinding sel dan klorofil. Klorofil yaitu zat hijau daun yang fungsinya untuk fotosintesis yang sehingga tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri atau yang sifatnya autotrof.

9. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia atau biasa disebut hewan organisme eukariotik (organisme dengan sel kompleks) yang multiseluler. Berbeda dengan tumbuhan, hewan tidak memiliki klorofil sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri. Oleh karena itu, hewan harus mencari makanannya sendiri untuk mendapatkan energi kemudian makanan tersebut dicerna di dalam tubuhnya. Proses ini membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida sebagai zat sisa.

10. Ekologi

Ekologi adalah Ilmu yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup maupun antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Kata Ekologi berasal dari Yunani yaitu Oikos dan Logos. Oikos artinya rumah atau tempat tinggal, sedangkan Logos artinya ilmu.

Terimakasih sudah membaca Rangkuman Pelajaran Biologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat untuk kalian. Tetap semangat belajar!

1 Response to "Rangkuman Pelajaran Biologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel