Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013

Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013

Halo sobat Jagoan Sekolah. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan rangkuman materi pelajaran IPA untuk SMP Kelas 7 K13 untuk semsester 1 dan 2. Kami merangkum poin inti dari topik pembahasan agar sobat bisa mengerti apa saja yang harus dipersiapkan untuk pembelajaran IPA selama satu tahun di kelas 7. Untuk itu mari kita langsung simak saja rangkumannya di bawah ini ya sobat.

Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang dapat dirumuskan kebenarannya secara empiris dan berlaku secara umum (universal) yang membahas tentang sekumpulan data mengenai gejala alam yang dihasilkan berdasarkan hasil observasi, eksperimen, penyimpulan, dan penyusunan teori

Berikut Rangkuman Materi IPA SMP Kelas 7

1. Besaran dan Pengukuran
Besaran ialah segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka dan memiliki satuan tertentu. Sedangkan pengukuran adalah proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain yang digunakan sebagai suatu satuan.

2. Ciri Makhluk Hidup
Ciri makhluk Hhdup ada 8 yakni: Bergerak, makan, peka terhadap rangsangan, bernafas, tumbuh, mengeluarkan zat sisa, berkembang biak, dan beradaptasi.

3. Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu. Organisme makhluk hidup dikelompokkan dalam 2 dunia besar yaitu dunia tumbuhan (Kingdom Plantae) dan dunia hewan (Kingdom Animalia).

4. Sistem Organisasi Kehidupan
Urutan tingkatan organisasi kehidupan yang benar adalah dimulai dari tingkatan molekul hingga biosfer. Berikut adalah urutan tingkatan organisasi kehidupan: Molekul ➡ Organel ➡ Sel ➡ Jaringan ➡ Organ ➡ Sistem Organ ➡ Organisme ➡ Populasi ➡ Komunitas ➡ Ekosistem ➡ Bioma ➡ Biosfer

5. Karakteristik Zat
zat (materi) adalah sesuatu yang menempeti ruangan dan memiliki massa. Wujud zat ada 3 yakni: Padat, Cair, dan Gas.

6. Energi dalam Sistem Kehidupan
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi dibagi menjadi 3 macam yaitu: Energi potensial, energi kinetik, energi kimia, dan energi listrik.

7. Suhu, Pemuaian, dan Kalor
Suhu adalah derajat atau tingkat panas suatu benda. Suhu dapat diukur oleh termometer. Pemuaian adalah gejala termometrik dari suatu zat. Sementara kalor adalah suatu bentuk energi yang dipindahkan melalui perbedaan suhu. Kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah.

8. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, baik lingkungan yang berupa makhluk hidup maupun benda-benda tak hidup membentuk suatu hubungan timbal balik yang rumit dan kompleks. Makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling berhubungan di alam, biasa di sebut dengan ekositem, dan di alam terdapat bermacam-macam ekosistem.         

Berbagai makhluk hidup yang menempati daerah tertentu dengan lingkungan yang mengelilinginya dan menopang kebutuhannya seperti cahaya matahari, air, dan tanah akan membentuk suatu ekosistem. Contoh-contoh ekosistem diantaranya adalah halaman sekolah, halaman rumah, kolam, sungai, danau, hutan, padang pasir, laut, dan padang rumput.

9. Pencemaran Lingkungan
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Terimakasih sudah membaca Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013. Semoga dapat membantu kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya!

1 Response to "Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013"

  1. terimakasi atas bantuannya yang sangat membatu dan sangat bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel