Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya

Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya

Sumber Daya Alam Berdasarkan Kondisi Alam di Indonesia


jagoansekolah.com - Sumber daya alam di Indonesia tersebar di seluruh pelosok tanah air. Setiap pulau memiliki sumber daya alam masing masing yang berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan kondisi alam. Berikut adalah persebaran sumber daya alam berdasarkan wilayah di Indonesia.

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pengertian SDA menurut Suryanegara adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

1. Sumatera
Pulau Sumatera memiliki banyak pegunungan. Kondisi ini dimanfaatkan manusia untuk menanam tanaman budidaya, seperti kopi, lada, cokelat, tembakau, karet, dan kelapa sawit. Pulau Sumatera kaya akan hasil tambang, seperti minyak bumi, batu bara, dan timah. Kelapa sawit dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan minyak goreng. Sementara itu minyak bumi dan batu bara dimanfaatkan untuk bahan bakar.

2. Jawa
Pulau Jawa memiliki pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai. Daerah pegunungan dan dataran tinggi merupakan tanah perkebunan teh, kpo, dan kina. Dataran rendah Pulau Jawa merupakan lahan persawahan yang tersubur di Indonesia. Salah satunya daerah Karawang yang terkenal sebagai lumbung padi. Pesisir pantai Jawa banyak dimanfaatkan untuk budidaya ikan laut, rumput laut, pertanian garam, dan penjemuran ikan asin.

3. Kalimantan
Sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan adalah dataran rendah dengan hutan yang lebat. Hutan-hutan ini merupakan habitat alami bagi hewan yang terancam punah. Hutan Kalimantan juga dimanfaatkan oleh manusia untuk ditanami berbagai sumber daya alam, seperti kelapa sawit, karet, dan rotan. Sumber daya alam ini harus diolah sebelum dijual. Kelapa sawit dapat diolah menjadi minyak goreng. Getah karet dapat diolah menjadi ban. Rotan dapat diolah menjadi furnitur atau kerajinan tangan. Selain itu, Kalimantan juga kaya akan hasil tambangnya, seperti minyak bumi dan batu bara.

4. Sulawesi
Pulau Sulawesi menghasilkan sumber daya alam berupa pala dan jagung. Jagung dimanfaatksn manusia sebagai bahan makanan. Pala dimanfaatkan untuk bumbu masakan, Daerah di sepanjang pantai Sulawesi dimanfaatkan untuk perkebunan kelapa. Pulau Sulawesi juga menghasilkan barang tambang, seperti aspal. Aspal dimanfaatkan untuk pembuatan jalan raya.

5. Papua
Sebagian besar wilayah Pulau Papua berupa hutan konservasi dan hutan lindung. Sagu merupakan salah satu sumber daya alam Papua. Sagu dimanfaatkan manusia untuk makanan pokok. Papua juga menghasilkan rempah-rempah yang disukai di pasar internasional. Papua merupakan pulau yang kaya akan hasil tambang. Hasil tambang papua adalah tembaga, emas, dan logam. Emas dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan mata uang dan perhiasan, seperti gelang, cincin, dan kalung.

Terimakasih sudah membaca Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya. Semoga dapat membantu kalian dalam pembelajaran IPS atau geografi di sekolah. Jangan lupa untuk berikan komentar di bawah ini dan share artikel ini ke sosmed kamu ya. Terimakasih!

1 Response to "Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia dan Pemanfaatannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel