Pengertian, Jenis, dan Contoh Bunyi yang Ada Di Sekitar Kita

Pengertian, Jenis, dan Contoh Bunyi yang Ada Di Sekitar Kita

Pengertian, Jenis, Cara, dan Perambatan Bunyi

jagoansekolah.com - Bunyi adalah sebuah gelombang longitudinal yang dapat dirasakan oleh telinga. Bunyi adalah getaran yang ada di udara yang dihasilkan oleh suatu benda kemudian menghasilkan bunyi-bunyi tertentu. Contohnya, ketika kita berbicara maka pita suara yang ada di tenggorokan kita akan bergetar.

Syarat terjadinya bunyi ialah ada benda yang bergetar, ada medium yang merambatkan bunyi, dan ada penerima (receiver) yang berada di sekitar sumber bunyi tersebut. Secara hukum alam, bunyi akan terdengar lebih keras ketika kita berada di dekat sumber bunyi, sementara ketika kita menjauh dari sumber bunyi, suara itu akan semakin kecil.

Jenis-Jenis Bunyi Menurut Frekuensinya
  1. Infrasonik
    Frekuensi kurang dari 20 Herts. Dapat didengar oleh kelelawar, jangkrik, anjing dan kuda.
  2. Audiosonik
    Frekuensi 20 sampai 20.000 Hertz. Dapat didengar oleh manusia.
  3. Ultrasonik
    Frekuensi lebih dari 20.000 Hertz. Dapat didengan oleh lumba-lumba.

Untuk rumus cepat rambat bunyi yaitu V = s/t
Ket :
V : cepat rambat gelombang bunyi (m/s)
S : jarak yang ditempuh
T : waktu tempuh (s)

Cara Benda Menghasilkan Bunyi

Semua benda dapat menghasilkan bunyi, namun benda yang tak asing dapat menghasilkan bunyi adalah alat musik. Alat musik sangatlah beragam dan menghasilkan bunyi yang berbeda-beda, tergantung cara kita memainkannya. Berikut cara benda menghasilkan bunyi beserta contohnya.
  1. Dipukul, contohnya: Gong, Gendang, Drum, Rebana
  2. Ditiup, contohnya: Seruling, Terompet, Pianika, Klarinet
  3. Digesek, contohnya: Biola, Rebab
  4. Dipetik, contohnya: Gitar, Kecapi
  5. Digetarkan, contohnya: Angklung, Marakas

Perambatan Bunyi

Bunyi dapat merambat melalui tiga jenis media, yaitu benda padat, cair, dan gas. Namun, bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa. Hal ini dikarenakan ruang hampa tidak memiliki media yang merambatkan bunyi.
  1. Bunyi merambat melalui benda gas
    Contoh : Suara merambat melalui udara. Udara termasuk benda gas.
  2. Bunyi merambat melalui benda gas.
    Contoh : Suara merambat melalui benang kasur. Benang kasur termasuk benda padat.
  3. Bunyi merambat melalui benda cair.
    Contoh : Suara merambat melalui air di dalam tong. Air termasuk benda cair.

Terimakasih sudah membaca Pengertian, Jenis, dan Contoh Bunyi yang Ada Di Sekitar Kita. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian mengenai bunyi. Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini untuk masukan kepada kami dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

1 Response to "Pengertian, Jenis, dan Contoh Bunyi yang Ada Di Sekitar Kita"

  1. In 2003, one other Internet financial companies firm paid $10 million in a civil settlement to settle allegations that it aided illegal offshore and online playing agreements. The U.S. government has additionally settled quantity of} circumstances with online companies that have accepted money to market virtual playing operations. Most reward multipliers double or triple the quantity you won, but a few of them multiply your winnings by as much as} one hundred times! If you understand that a casino you go to offers reward multipliers, ensure to play quantity of} slots because you might win a lot more money than is normally allowed on that specific game. Usually, the bonus is limited to a maximum of $150 and there might be some restrictions on it. Perhaps, you might only be able to|be succesful of|have the flexibility 우리카지노 to} use it on slot machines and a certain amount|a specific amount|a certain quantity} of “churn” might be required.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel